Whistleblowing System

Link aplikasi Whistleblowing System

Whistleblowing Systema dalah suatu sistem yang dapat dijadikan media bagi pelapor untuk menyampaikan informasi mengenai indikasi tindakan pelanggaran yang terjadi di dalam suatu perusahaan.

Informasi yang diperoleh dari mekanisme Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistleblowing System) ini perlu mendapatkan perhatian dan tindak lanjut, termasuk juga pengenaan hukuman yang tepat agar dapat memberikan efek jera bagi pelaku pelanggaran dan juga bagi mereka yang berniat melakukan hal tersebut.

Berdasarkan Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) (GCG) pada Badan Usaha Milik Negara dan Keputusan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-16/S-MBU/2012 tanggal 06 Juni 2012 tentang Indikator/Parameter Penilaian dan Evaluasi atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara, Direksi harus menyusun suatu pedoman tentang pelaporan atas dugaan penyimpangan pada Perusahaan (Whistleblowing System).

Sehubungan dengan hal tersebut, PT Perkebunan Nusantara III (Persero) menyusun Pedoman Whistleblowing System, yang dilandasi atas praktik-praktik terbaik, selaras dengan peraturan perundangundangan yang berlaku, untuk mendukung pencapaian tujuan PT Perkebunan Nusantara III (Persero).

Pedoman Whistleblowing Systemdiharapkan dapat dipedomani, dan dalam pelaksanaannya dapat dikaji ulang sesuai dengan perkembangan Perusahaan dan peraturan yang berlaku.

Jakarta, Mei 2019

PT Perkebunan Nusantara III (Persero)