Pedoman Internal Control Berbasis COSO

Divisi Satuan Pengawasan Intern (Divisi SPI) merupakan fungsi penilai secara objektif dan independen yang dirancang untuk memberi nilai tambah dalam upaya meningkatkan kinerja Perusahaan dengan memperhatikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance.

Divisi SPI PT Perkebunan Nusantara III (Persero) berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Utama serta memiliki akses terhadap aktivitas perusahaan, sehingga diperoleh hasil audit yang dapat dipertanggungjawabkan dan rekomendasi audit yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Untuk mendukung pelaksanaan tugas Divisi SPI diperlukan Pedoman Sistem Pengendalian Internal yang merupakan pernyataan tujuan, kewenangan dan tanggung jawab dari Divisi SPI dalam memberikan jasanya kepada perusahaan. Pedoman Sistem Pengendalian Internal berisi latar belakang penyusunan pedoman, tujuan, dan ruang lingkup. Hubungan Divisi SPI dengan beberapa pihak yang relevan, tanggung jawab dan wewenang maupun dukungan manajemen terhadap Divisi SPI juga diatur dalam pedoman ini. Sebagai pendukung pelaksanaan tugas Divisi SPI, dicantumkan uraian tentang standar profesi, kode etik, dan jaminan mutu dari aktivitas Divisi SPI.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi sehingga terwujudnya Pedoman Sistem Pengendalian Internal ini.

Jakarta, Mei 2019

PT Perkebunan Nusantara III (Persero)