Pengelolaan Keberatan

Prosedur Pengelolaan Keberatan terkait PPID :
  1. Pemohon Informasi yang merasa tidak puas atas pemberian informasi mengajukan keberatan secara langsung dengan mengisi Formulir Keberatan Atas Pemberian Informasi sesuai dengan format pada Lampiran V Pernyataan Keberatan Atas Penolakan Permohonan Informasi.

  2. PPI mencatat pada Buku Register Keberatan sesuai dengan format pada Lampiran VI Pendaftaran Keberatan Penolakan Informasi Publik PT. Perkebunan Nusantara III (Persero), dan menyampaikan Formulir Keberatan Atas Pemberian Informasi kepada PPID.

  3. PPID meneruskan laporan keberatan kepada Atasan PPID.

  4. Atasan PPID dalam waktu maksimal 25 (dua puluh lima) hari kerja membuat tanggapan tertulis untuk disampaikan kepada pemohon:

    a.Jika keberatan atas informasi terbuka, Atasan PPID memberikan tanggapan dan disampaikan kepada pemohon informasi dengan lampiran bahan informasi yang diminta dengan memberitahu kepada pemohon bahwa biaya penyalinan informasi dan pengiriman salinan informasi ditanggung pemohon.

    b. Jika keberatan atas informasi yang tertutup, Atasan PPID menyelenggarakan sidang uji konsekuensi dengan peserta para Deputi, PPID Utama, dan PPID Pembantu terkait:

    1). Apabila keberatan diterima, Atasan PPID memberikan tanggapan dan disampaikan kepada pemohon informasi melalui PPID, dengan memberitahu kepada pemohon bahwa biaya penyalinan informasi dan pengiriman salinan informasi ditanggung pemohon.

    2). Apabila keberatan ditolak, Atasan PPID memberikan tanggapan disertai alasan kepada pemohon informasi.

    Catatan:

    Seluruh berkas keberatan atas pemberian informasi didokumentasikan oleh PPI.