Permohonan PPID

Untuk mengajukan Permohonan Layanan Informasi Publik di PT Perkebunan Nusantara III (Persero), silakan melalui link : ptpn.group/permohonanPPID

Disarankan untuk membaca terlebih dahulu Alur Permohonan PPID di bawah ini.

Berikut Alur Permohonan PPID :

  1. Alur Permohonan Layanan Informasi Publik terlampir dalam Lampiran I Tata Cara Memperoleh Informasi Publik PT Perkebunan Nusantara III (Persero).

  2. Pemohon informasi publik mengajukan permohonan secara tertulis dengan cara mengisi Formulir Permohonan Informasi sesuai dengan format pada Lampiran III Formulir Permohonan Informasi.

  3. PPI mencatat pada Formulir Rekapitulasi Permohonan Informasi Publik PT Perkebunan Nusantara III (Persero) sesuai dengan format pada Lampiran IV Rekapitulasi Permohonan Informasi Publik PT Perkebunan Nusantara III (Persero) dan mempelajari, mendokumentasikan, serta meneruskan Formulir Permohonan Informasi kepada PPID selambat- lambatnya dua hari kerja setelah hari permohonan diterima.

  4. PPID mempelajari substansi permohonan informasi dan menentukan sifat informasi:

    a. PPID meneliti data-data pemohon informasi (Kategori Pemohon: Perorangan/Kelompok/Organisasi) dan sifat informasi yang diminta (terbuka/tertutup).

    b. Apabila pemohon adalah perorangan maka data-data yang perlu dilampirkan adalah:
    1) Identitas Pemohon.
    2) Profil Pemohon.
    3) Dokumen pendukung identitas pemohon.

    c. Apabila pemohon adalah kelompok maka data-data yang perlu dilampirkan adalah:
    1) Identitas Pemohon.
    2) Profil Pemohon.
    3) Dokumen pendukung identitas pemohon.
    4) Relevansi antara data yang diminta dengan profil pemohon.

    d. Apabila pemohon adalah organisasi
    1) Identitas Pemohon.
    2) Profil Pemohon dan Kelompok.
    3) Dokumen pendukung identitas pemohon.
    4) AD/RT pemohon
    5) Relevansi antara data yang diminta dengan profil pemohon.
    6) Surat permintaan yang ditandatangi pejabat berwenang di organisasi

    e. PPID akan melakukan konfirmasi kepada pemohon melalui:
    1) Telefon
    2) Email
    3) Fax
    4) sarana komunikasi lainnya

    Apabila dalam proses konfirmasi ini mengalami hambatan maupun hasil konfirmasi identitas pemohon dinilai fiktif oleh PPID maka proses permohonan informasi tidak diproses lebih lanjut oleh PPID dan dituangkan berita acara.

    f. Apabila informasi yang diminta bersifat terbuka, PPID wajib memberikan jawaban permohonan informasi berupa Pemberitahuan Tertulis sesuai dengan format pada Lampiran IV Pemberitahuan Tertulis kepada pemohon informasi paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja setelah permohonan diterima.

    g. Sesuai permohonan dari Pemohon informasi publik, bila Pemohon informasi membutuhkan informasi melalui melihat/membaca/ mendengarkan/mencatat, PPID dapat memberikan informasi tanpa harus memberikan tanggapan tertulis atas permohonan dari Pemohon.

    h. Apabila informasi yang diminta bersifat tertutup, PPID meneruskan permohonan informasi tersebut kepada PPID Utama, selanjutnya PPID Utama menyiapkan jawaban dengan menggunakan Formulir Penolakan Permohonan Informasi Publik sesuai dengan format pada Lampiran IV Surat Keputusan PPID Tentang Penolakan Informasi paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja dari tanggal diterimanya permohonan informasi, untuk disampaikan kepada pemohon informasi.

    i. Dalam hal alokasi waktu untuk menyiapkan jawaban sebagaimana dimaksud pada poin f dan h tidak mencukupi, PPID dapat memperpanjang waktu untuk mengirimkan pemberitahuan tertulis dalam jangka waktu paling lama 7 (tujuh) hari kerja dengan memberikan alasan secara tertulis.