Sustainability Policy

Memenuhi Visi dan Misi Perusahaan untuk mengembangkan usaha perkebunan yang berkelanjutan melalui proses pengelolaan kelapa sawit yang Lestari.

PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) berkomitmen dan bertekat untuk memenuhi :
  1. Melindungi hutan, lahan gambut dan bekerjasama dengan petani, organisasi non- pemerintahan dan pemangku kepentingan yang memberikan perubahan positif dan implementasi dengan prinsip tidak ada deforestasi dan konservasi lahan gambut.
  2. Menghormati hak – hak warga asli dan komunitas lokal dengan memberi persetujuan atas dasar awal dan tanpa paksaan FPIC ( Free Prior and Informed Consent) sebelum pengembangan dan pembentukan perkebunan baru.
  3. Mematuhi Peraturan Perundangan dan melakukan evaluasi sebagai bukti ketaatan terhadap pemenuhan seluruh peraturan perundangan.
  4. Tidak ada pembangunan di area ber-Nilai Konservasi Tinggi (NKT).
  5. Tidak melakukan pembakaran pada saat pembukaan lahan baru, penanaman kembali ataupun pengembangan lainnya.
  6. Melakukan praktek kerja yang baik, cepat dan tepat.
  7. Membatasi penggunaan pestisida dalam pemeliharaan tanaman.
  8. Bertanggung jawab terhadap lingkungan dan pengelolaan pada kawasan konservasi sumber daya alam dan keanekaragaman hayati dengan melakukan monitoring terhadap areal ber- Nilai Konservasi Tinggi (NKT).
  9. Menghormati Hak Asasi Manusia, hak pembela HAM, selalu menghindari keterlibatan di dalam pelanggaran hak asasi manusia, memberikan kebebasan berserikat kepada seluruh pekerja, menghormati hak-hak dan martabat pekerja, memperlakukan pekerja secara adil dan bebas dari segala bentuk diskriminasi, mencegah segala bentuk pelecehan seksual, mencegah kekerasan terhadap wanita dan anak, serta melindungi hak- hak reproduksi seluruh pekerja.
  10. Melarang segala bentuk kerja paksa pada setiap pekerja, melarang adanya praktek perdagangan tenaga kerja, melarang eksploitasi anak dan penggunaan tenaga kerja dibawah umur.
  11. Menyelesaikan setiap keluhan, pengaduan, konflik secara terbuka dengan proses konsultasi.
Dalam kepentingan perbaikan berkelanjutan, kami akan memonitor dan menilai implementasi kebijakan kami sebagai cara untuk meningkatkan efektivitas.